Hati-Hati Menggunakan Sosial Media, Jika Tidak Bijak Bisa Masuk Penjara

Hati-Hati Menggunakan Sosial Media, Jika Tidak Bijak Bisa Masuk Penjara – Beberapa bulan yang lalu atau mungkin baru-baru ini terdengar kabar bahwa ada beberapa orang yang dituntut karena mengeluarkan uneg-uneg lewat sosial media. Pelaku ditangkap karena dinilai melanggar undang-undang ITE. Undang-undang ITE merupakan undang-undang yang mengatur tentang informasi, teknologi dan elektronik.

Hati-Hati Menggunakan Sosial Media, Jika Tidak Bijak Bisa Masuk Penjara
Ilustrasi sosial media yang bisa terhubung dengan banyak orang di internet, yang memungkinkan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan yang lainnya.



Undang-Undang ITE Mengatur tentang Internet di Indonesia

Internet merupakan suatu sistem komputer yang terhubung dalam suatu jaringan yang memungkinkan untuk terhubung dengan orang yang ada diseluruh dunia. Meskipun internet ruang yang bebas diakses oleh siapa pun, namun tetap ada aturan yang mengaturnya. Sosial media juga merupakan bagian dari internet karena bisa terhubung dengan banyak orang. Sosial media yang terkenal saat ini adalah Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram.

Kebeberadan aturan undang-undang ini tentunya memiliki tujuan untuk bisa mengatur, menjaga keamanan serta ketertiban di dunia internet, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Kalau ada pihak yang dirugikan siap-siap saja berhadapan dengan hukum yang berlaku,

Tiap-Tiap Negara Memiliki Undang-Undang ITE Masing-Masing

Baru-baru ini pemerintah mulai membuat undang-undang yang mengatur tentang ITE di Indonesia. Namun berdasarkan penuturan banyak pakar, undang-undang ITE di Indonesia perlu ditambah lagi karena masih banyak celah hukum dan belum diatur dengan jelas di undang-undang ITE.

Negara Indonesia punya undang-undang ITE, negara tetangga juga memiliki undang-undang ITE. Sebagai contoh misalnya Indonesia dan Singapura, sama-sama memiliki undang-undang tentang ITE tapi konten atau isi undang-undangnya saja yang berbeda. Permasalahan yang dibahas dalam undang-undang ITE tiap-tiap negara juga berbeda, karena disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Sosial Media Memang Bebas tapi Tidak Bebas Sepenuhnya

Banyak orang menganggap sosial media merupakan tempat yang bebas untuk menyampaikan pendapat, sehingga perkataan frontal, kotor dan tidak pantas pun disampaikan di sosial media. Yang anehnya lagi perkataan yang disampaikan berisi cacian, hinaan, makian, pelecahan, pornografi, pencemaran nama baik dan banyak lagi kasus lainnya.

Bagi orang yang baru menggunakan sosial media harus berhati-hati dengan hal semacam ini, karena orang yang newbie menggunakan sosial media cenderung aktif dan sering membuat postingan disosial media. Apapun yang mereka lakukan atau mereka alami langsung dibagikan kesosial media, dan terkadang yang tidak penting pun dibagikan kesosial media. Untuk orang yang seperti ini harap berhati-hati.

Perkataan di Sosial Media bisa Jadi Bumerang bagi Diri Sendiri

Berdasarkan kasus yang terjadi disekitar kita ada banyak kasus terkait dengan sosial media. Kasus yang paling sering adalah kasus pencemaran nama baik. Salah satu kasus disosial media yang menghebohkan adalah kasus seorang pemuda yang dipenjara karena pencemaran atau pelecehan kepada presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Baru-baru ini juga muncul lagi kasus seorang lelaki yang ditangkap dan jadi tersangka karena melecehkan polisi lalu lintas, dengan mengedit foto dan dibagikan ke sosial media. Gambar yang di edit dan dibagikan tersebut adalah gambar yang tidak pantas. Selain itu Farhat Abbas juga terjerat kasus yang serupa karena kicauan atau twet-nya di sosial media Twitter.

Ambil Pelajaran dari Kasus yang Terjadi

Dengan banyaknya kasus yang terjadi dilingkungan sekitar atau yang terdapat pada pemberitaan di televisi, kiranya kita dapat mengambil pelajaran. Pelajaran bagaimana caranya menggunakan sosial media yang bijak dan benar, sehingga tidak merugikan diri sendiri.


Apa yang terucap dari mulut atau pikiran yang dibagikan kesosial media bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Sebaliknya apapun perilaku baik dan bijak yang dibagikan ke sosial media juga memberikan dampak positif berupa pujian dari netizen di dunia maya. Pikirkan baik-baik sebelum membagikan sesuatu ke sosial media.

No comments:

Post a Comment